Hakekat wujud dan Watak Makhluk Halus


Ada banyak jenis mahluk halus dan wujudnya pun bermacam-macam. Ada yang menyeramkan, ada juga yang cantik / ganteng, enak dipandang. Ada yang menyerupai manusia, banyak juga yang menyerupai binatang.

Banyak orang menganggap bahwa bila ada mahluk halus sosoknya besar, gagah, seram, pasti juga sakti. Tetapi yang sebenarnya, apapun bentuk wujudnya, bukan merupakan tolok ukur dari kesaktian / kekuatan gaibnya. Apapun wujudnya, kesaktiannya adalah bersifat relatif.

Kekuatan / kesaktian mahluk halus lebih ditentukan oleh besarnya energinya, kepadatan dan ketajaman energinya, dan kondisi energi setiap mahluk halus berbeda-beda, tidak sama.

Tetapi yang pasti, apapun wujudnya (wujudnya yang asli, bukan berubah dengan maksud menyamar / menipu)  merupakan gambaran kepribadian, perwatakan dan perilakunya, yang semuanya sesuai dengan gambaran sosoknya masing-masing.

Misalnya :
 - sosok macan, berarti watak dan perilakunya seperti macan, galak, mudah marah, setia, mudah berteman.
 - sosok ular, berarti watak dan perilakunya seperti ular, pikirannya sulit ditebak, bisa menyerang tanpa alasan.
 - sosok ular naga, berarti watak dan perilakunya seperti naga, berwibawa dan berkuasa, setia. - sosok raksasa seperti buto dan sosok hitam besar, berarti watak dan perilakunya seperti raksasa, kurang
   pikir, suka main kekerasan.
 - sosok manusia, berarti watak dan perilakunya seperti manusia, bisa diajak bertukar pikiran.
 - sosok seperti kuntilanak, berarti watak dan perilakunya seperti manusia perempuan, tetapi sikap berpikirnya
   sederhana.
 - sosok seperti ibu-ibu jawa memakai kain kemben, berarti watak dan perilakunya seperti manusia ibu-ibu,
   galak dan berwibawa seperti orang tua ibu-ibu. Sebagian besar juga bersifat mengayomi.
 - sosok seperti bapak-bapak berjubah, berarti watak dan perilakunya seperti manusia bapak-bapak. Sebagian 
   juga bersifat mengayomi.
 - sosok seperti anak-anak, berarti watak dan perilakunya seperti manusia anak-anak, penurut, mau disuruh
   apa saja, tapi sebagian bandel dan suka bercanda bermain-main, sebagian tidak bisa diajak bertukar pikiran 
   karena kesederhanaan wataknya yang seperti anak-anak.

Contohnya, ada sesosok gaib berwujud macan dan besarnya seperti gajah. Besar sekali, gagah dan galak. Macan ini menjadi penjaga gaib di sebuah rumah. Seringkali wujud macan ini diartikan sebagai sosok gaib yang tergolong sakti, apalagi sosoknya gagah dan besar. Tetapi ternyata, sosok gaib berwujud macan tersebut kadar kesaktiannya rendah, bahkan lebih rendah dibandingkan kesaktian kuntilanak yang di antara para mahluk gaib termasuk yang berkesaktian paling rendah. Jadi, sosok macan ini tidak menggambarkan tingkat kesaktiannya, tetapi sosok macan ini menggambarkan kepribadian / perwatakannya. Sosok macan ini berarti mahluk tersebut mudah marah, mudah tersinggung, tetapi memiliki kesetiaan tinggi kepada tuannya dan mudah diajak berteman, tetapi tidak memiliki sikap dan kemampuan berpikir seperti manusia.

Ada banyak sosok gaib dari golongan bangsa jin yang sosoknya tinggi, besar, seram, seperti sosok raksasa buto. Wujud seperti raksasa buto di pewayangan, yang rambutnya gondrong panjang semrawut, hidungnya besar, dan sosok hitam besar, biasanya menggambarkan intelijensi yang rendah dan perilaku seperti raksasa buto, yaitu kurang pikir, dan suka main kekerasan. Bila sosok itu adalah asli dari jenis bangsa jin, maka sosok itu menggambarkan intelijensinya yang rendah dan kesaktian yang juga rendah.Tetapi bila sosok itu adalah asli bangsa buto, maka intelijensinya rendah, tetapi kesaktiannya tinggi sekali.
Ada jenis bangsa jin yang sosoknya hitam tinggi besar dan berbulu lebat di seluruh tubuhnya, yang sering sekali menjadi khodam ilmu / pendamping seseorang, atau menjadi penghuni benda-benda gaib dan jimat, tinggal di dalam perabotan rumah tangga, atau tinggal di rumah manusia. 
Jika menjadi khodam ilmu / pendamping atau menjadi khodam benda gaib, biasanya sosok halus seperti itu tidak memberikan tuah yang khusus, tetapi secara otomatis akan memberikan tuah untuk kekuatan berkelahi. Sosok jenis ini sifatnya penurut dan mau diperintahkan untuk memberikan tuah apa saja.
Penulis tidak menggolongkan jenis ini sebagai bergolongan putih atau hitam, tetapi dalam kondisi aslinya di alam jenis ini berenergi negatif yang dapat memunculkan banyak sakit-penyakit di tubuh manusia, apalagi jika ada sosok ini yang tinggal bersemayam di dalam tubuh manusia.
Jenis bangsa jin hitam tinggi besar itu juga sebagian besar berintelijensi rendah, seperti orang utan, yang dalam kategori Penulis digolongkan sebagai jenis yang harus diwaspadai, karena sering dalam usahanya mencari tempat tinggal mereka masuk bersemayam di tubuh manusia yang dapat mengakibatkan selain si manusia mengalami gangguan kesehatan, juga banyak yang sampai mengalami gangguan jiwa (gila). Tentang ini Penulis sudah menuliskan fenomenanya dalam halaman berjudul Pengaruh Gaib thd Manusia.
Keberadaan mahluk halus jenis tersebut di dalam tubuh atau di dekat manusia mungkin tidak berpengaruh negatif untuk yang sengaja dipasang sebagai khodam pendamping atau khodam ilmu, atau khodam benda gaib, karena mahluk halus itu sebelumnya sudah menyelaraskan dahulu energinya dengan energi si manusia.
Walaupun sosok jin hitam tinggi besar itu sudah menjadi khodam benda gaib atau sudah datang kepada seseorang dan menjadi khodam pendampingnya, jika masih dalam kondisi aslinya yang berenergi negatif, si manusia tetap beresiko mendapatkan pengaruh negatif energinya terhadap kesehatannya.
Dalam kondisi aslinya memang sosok jin hitam besar itu berenergi negatif. Jenis itu bisa dengan mudah diusir hanya dengan mengoleskan minyak jafaron ke bendanya. Tetapi jika anda mempunyai benda-benda gaib yang sosok khodamnya adalah bangsa jin hitam tinggi besar tersebut, atau sosok halus seperti itu menjadi khodam pendamping anda, sebaiknya dicoba dulu bendanya / khodamnya diwiridkan amalan gaib yang sesuai dengan tuah yang anda inginkan, misalnya diwiridkan amalan gaib untuk tuah kekuatan badan, pengasihan, penglaris dagangan, dsb  (amalan gaibnya bisa dicari di internet).  Mudah-mudahan sesudah tersugesti mengikuti isi amalan gaibnya sosok hitam itu akan berubah karakter energinya, tidak lagi berenergi negatif seperti aslinya.
Sosok jin hitam tinggi besar itu dan sosok-sosok halus lain yang berenergi negatif, jika dianggap mengganggu, keberadaannya dapat dibersihkan / diusir / akan pergi jika kita mengoleskan minyak jafaron pada benda-benda kita atau ke tubuh kita jika kita ketempatan mahluk tersebut, atau kita mandi dengan campuran minyak jafaron. Mereka juga akan pergi setelah terkena asap bakaran minyak jafaron. 
Tatacara pembersihannya sudah dituliskan dalam judul  Pembersihan Gaib 2.
Ada juga mahluk halus yang wujudnya ular. Ada yang besar, ada juga yang kecil. Ini berarti sosok mahluk tersebut menggambarkan watak ular yang sulit ditebak jalan pikirannya, dan lebih banyak menggunakan insting / naluri dalam bertindak, bisa menyerang tanpa sebab yang jelas. Dan sudah pasti berintelijensi rendah. Jika menyerang manusia, mereka tidak memperhitungkan akibat perbuatannya pada manusia itu, apakah akan menjadikannya sakit atau mati. Sebagian mahluk halus bersosok ular ini ada yang suka bertempat tinggal / bersemayam di dalam tubuh manusia.

Banyak sosok halus yang wujudnya seperti manusia. Tingginya sama seperti manusia. Berpakaian dan berpenampilan seperti manusia, misalnya sosoknya seperti laki-laki kekar bertelanjang dada, ibu-ibu jawa yang memakai kain kemben, atau bapak-bapak berjubah, berpakaian prajurit atau seperti seorang ksatria / pendekar, berbaju hitam seperti baju petani atau baju seragam pencak silat, atau berpenampilan seperti anggota kerajaan. Mereka berpikir dan berbicara seperti manusia. Kesaktian mereka relatif, ada yang tinggi, ada yang rendah. Sosok-sosok seperti manusia ini menggambarkan kepribadian mereka yang seperti manusia, dapat berpikir dan bertindak seperti manusia. Jenis-jenis gaib seperti inilah yang sering dijadikan tempat untuk bertanya, meminta ilmu, meminta petunjuk, wangsit, dsb. Tetapi seperti halnya manusia, mereka juga bisa menipu.
Sosok-sosok halus seperti manusia di atas, jika mengikut kepada manusia, sebagian akan berperan sebagai khodam pendamping, atau walaupun aslinya mereka adalah khodam benda-benda gaib, dalam menjalankan fungsinya, sebagian akan keluar dari benda gaibnya dan mendampingi si manusia, berperilaku sebagai khodam pendamping, dan selain memberikan tuah tertentu, biasanya mereka juga aktif memberikan ide dan ilham, atau rasa dan firasat.

Bila ada sesosok halus yang sosoknya tinggi besar, tubuh dan wajahnya seperti manusia laki-laki, berbadan kekar dan bertelanjang dada, kulitnya coklat gelap atau kemerahan, kepalanya botak, biasanya perwatakannya seperti manusia, yaitu berintelijensi tinggi, dan biasanya berwatak keras, dan menonjolkan kekuatan dankegagahan, cocok untuk menjadi khodam kekuatan / kesaktian kanuragan.
Sosok halus seperti manusia laki-laki kekar bertelanjang dada itu berwatak keras dan sangat menonjolkan kekuatan dan kegagahan, artinya ia punya idealisme tentang kegagahan karakter dan kualitas kekuatan tubuh. 
Jika menjadi khodam benda gaib, biasanya sosok itu akan tetap berdiam di dalam benda gaibnya, tidak keluar mendampingi manusia pemiliknya, dan bendanya itu dapat berpotensi menjadi jimat kebal, tergantung tingkat kekerasan watak masing-masing khodamnya.
Jika menjadi khodam ilmu / pendamping seseorang, biasanya sosok ini akan masuk bersemayam di dalam badan si manusia dan menjadi khodam kekuatan / kesaktian, tidak keluar mendampingi si manusia.

Sesuai sosoknya yang idealis tentang kualitas kesempurnaan kekuatan gaib dan wataknya yang keras, maka sosok-sosok khodam seperti manusia kekar bertelanjang dada itu berpotensi menjadi khodam jimat kebal.
Sosok itu berbeda karakter dengan sosok-sosok yang lainnya, misalnya sosok bapak-bapak berjubah atau ibu-ibu jawa yang tidak menonjolkan kegagahan, tapi lebih banyak menonjolkan kesepuhan, atau sosok seperti ksatria yang walaupun juga berkarakter keras dan gagah, tapi tidak menonjolkan kekerasan, sehingga sekalipun kesaktian mereka tinggi, tapi jarang sekali bisa membuat kebal.

Jika sosoknya seperti seorang ksatria (laki-laki atau perempuan), biasanya melambangkan pribadi yang energik, bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya.
Jika sosoknya seperti anak-anak, biasanya melambangkan pribadi yang penurut dan energik, biasanya bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya dan akan menuruti semua perintah si manusia, tetapi tidak semuanya bisa untuk diajak bertukar pikiran karena kesederhanaan berpikirnya yang seperti anak-anak.
Jika sosoknya seperti seorang bapak-bapak berjubah atau seperti ibu-ibu jawa, biasanya melambangkan pribadi yang seperti orang tua, lebih bijaksana, bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya,bisa memberikan keteduhan hati dan pengayoman moral, dan akan aktif memberikan ide dan ilham untuk kebaikan kehidupan si manusia dan akan memberikan peringatan berupa rasa dan firasat bila si manusia akan mengalami suatu masalah / musibah.
Sosok yang seperti ibu-ibu jawa memakai kain kemben, berarti watak dan perilakunya seperti manusia ibu-ibu, galak dan berwibawa seperti orang tua ibu-ibu. Apapun jenis tuah yang mereka berikan biasanya mengandung hawa kewibawaan seorang ibu-ibu yang galak dan berwibawa yang mempengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk tidak bersikap merendahkan dan menjauhkan orang-orang yang berniat jahat / curang. Tetapi hawa aura ibu-ibu itu juga akan memberikan suasana yang menarik orang untuk datang berkumpul (membantu hubungan sosial / pergaulan).

Yang sosoknya seperti ibu-ibu jawa ini biasanya tuah utamanya adalah untuk kerejekian, tetapi banyak yang berwatak keras dan galak dan mempunyai kekuatan gaib yang tinggi yang bahkan masih lebih tinggi daripada kekuatan khodam-khodam yang biasa digunakan untuk kekuatan / kesaktian / kekebalan dan kewibawaan, sehingga bisa juga dimintai bantuannya untuk membantu kewibawaan, penjagaan gaib dan pembersihan gaib. Tetapi walaupun kekuatan gaibnya tinggi dan berwatak keras dan galak, biasanya tidak cocok digunakan sebagai khodam kekuatan / kesaktian, karena karakternya halus seperti ibu-ibu yang tidak suka berkelahi fisik seperti laki-laki.

Sosok yang seperti bapak-bapak berjubah, berarti watak dan perilakunya seperti manusia bapak-bapak. Apapun jenis tuah yang mereka berikan biasanya mengandung hawa kewibawaan seorang bapak-bapak yang bersifat mengayomi. Penampilan berjubah itu juga melambangkan kekerasan watak yang siap setiap saat menggunakan kesaktiannya untuk bertarung, jika diperlukan.

Sosok-sosok gaib yang wujudnya seperti manusia laki-laki berjubah ini melambangkan perwatakan yang seperti manusia, melambangkan kekerasan watak yang siap setiap saat menggunakan kesaktiannya untuk bertarung, jika diperlukan. Yang berjubah putih melambangkan perwatakan yang lebih kalem dan bijaksana, sedangkan yang berjubah hitam perwatakannya lebih keras dan menonjolkan kesaktian.

Tetapi ada juga yang perwujudan aslinya campur-aduk. Misalnya seperti sosok mahluk halus Nyi Blorong, yang wujudnya adalah manusia perempuan dengan bagian pinggang ke bawah seperti ular  (baca: Bangsa Siluman). Perwujudan seperti ini melambangkan perwatakan kombinasi antara manusia dan ular, dapat berpikir seperti manusia, tetapi berpikiran pendek dan dapat marah dan jahat seperti ular.

Banyak mahluk halus yang ditemui manusia berwajah pucat pasi, pandangan matanya kosong dan pendiam. Ini adalah ciri-ciri umum sosok mahluk halus yang hidup sendiri, tidak berkomunitas dan berkesaktian rendah. Selama bertahun-tahun, ratusan tahun atau ribuan tahun, mahluk halus itu hidup sendiri, maka wajar saja jika pandangan matanya kosong dan wajahnya pucat tidak menunjukkan adanya semangat hidup. Hanya matanya saja yang kadangkala menyorot tajam dan dalam, karena yang sehari-harinya aktif memang hanya pikirannya saja. Tetapi biasanya itu hanya menggambarkan sosok-sosok halus yang tingkat kesaktiannya rendah. Mahluk halus yang kesaktiannya tinggi, walaupun hidup sendiri, wajah mereka tidak pucat, pandangan mata mereka tajam dan tidak kosong, karena mereka memperhatikan kehidupan lain di sekitarnya sampai jarak yang jauh, sesuai tingkat kesaktian mereka.

Mahluk halus yang sosoknya menakutkan, rambut panjang gondrong awut-awutan, wajah menyeringai menyeramkan, kuku-kuku yang panjang, berbulu hitam tebal, dsb, biasanya adalah mahluk halus kelas bawah yang kekuatan / kesaktian gaibnya rendah. Sosok dan wajah yang menakutkan juga menggambarkan kondisi psikologis yang tidak stabil dan perwatakan yang galak, suka menakuti dan mencelakakan orang, suka marah dan menyerang. Sorot matanya juga biasanya menggambarkan watak pemarah, galak dan suka menyerang, apalagi bila sengaja diperintahkan untuk menyerang oleh mahluk gaib atasannya atau oleh manusia. Mereka juga suka berkelahi dengan sesamanya, walaupun lawan yang dihadapinya lebih kuat.

Sedangkan mahluk halus kelas atas, yang berkesaktian tinggi, biasanya sosoknya lebih baik, lebih bagus dan lebih enak dilihat, karena biasanya kondisi psikologisnya lebih stabil, lebih berkarakter, dan juga tidak suka menakuti atau menyerang manusia. Sorot matanya biasanya tajam dan berwatak keras, tetapi tidak menggambarkan watak yang pemarah, galak atau suka menyerang. Mereka tidak suka berkelahi dengan sesamanya, karena mereka bisa mengukur kekuatan masing-masing. Mereka lebih bijaksana. Yang kekuatannya lebih rendah akan memilih mundur daripada kalah dan menanggung banyak luka. Biasanya keberadaan mereka lebih sulit untuk dilihat, bahkan jarang ada manusia yang bisa mendeteksi keberadaannya dan melihat sosok mereka, walaupun mereka ada di dekatnya.

Yang sering berinteraksi dengan manusia, yang suka mengganggu atau menyerang manusia biasanya adalah mahluk halus kelas bawah, yang kesaktiannya rendah, bukan yang kelas atas yang kesaktiannya tinggi. Jadi seringkali manusia suka sombong, merasa hebat, dengan kekuatan jimat, ilmu gaib atau tenaga dalam, merasa mampu menghadapi atau menaklukkan semua mahluk halus, padahal yang dihadapinya hanyalah mahluk-mahluk kelas bawah yang kekuatannya rendah, bukan yang kelas atas yang keberadaannya saja tidak terdeteksi.

Jadi, apapun bentuk wujudnya, bukan merupakan tolok ukur dari kesaktian / kekuatan gaibnya. Tetapi bentuk sosok itu merupakan gambaran kepribadian, perwatakan dan perilaku, yang sesuai dengan gambaran sosoknya masing-masing. Diperlukan kemampuan khusus untuk bisa mengukur dan mengetahui kesaktian mahluk halusbeserta sifat-sifat kesaktiannya. Tentang itu Penulis sudah menuliskannya dalam tulisan tersendiri berjudulKesaktian Mahluk Halus. Juga diperlukan kemampuan khusus untuk bisa mengetahui ketika terjadi suatu penampakkan sesosok mahluk halus, apakah itu sebenarnya sukma manusia (arwah) ataukah sebenarnya bangsa jin, kuntilanak, dhanyang, dsb. Tentang itu Penulis sudah menuliskannya dalam tulisan tersendiri berjudul  Penggolongan Mahluk Halus , Kesaktian Mahluk Halus, dan  Roh Manusia / Sukma / Arwah.


Masing-masing sosok mahluk halus mempunyai karakter kepribadian sendiri-sendiri. Jika sosok-sosok halus itu menjadi khodam ilmu / pendamping atau khodam benda-benda gaib, maka apapun jenis tuahnya, tuahnya akan membawa sifat-sifat yang sesuai dengan karakter khodamnya. Mengenai itu sudah Penulis tuliskan dalam tulisan berjudul  Khodam dan Kualitas Tuah


Bentuk fisik mahluk halus bersifat energi hidup. Bentuk wujud energinya itu akan mengikuti kondisi psikologis mahluk halusnya, sehingga apapun bentuk wujudnya, wujud itu menggambarkan kondisi psikologis dan perwatakan si mahluk halus.

Pada manusia bisa juga terjadi begitu. Kondisi psikologis yang sedang lesu, sedang malas, sedang marah, sedang bersemangat, dsb, akan tergambar pada sinar mata dan wajahnya. Begitu juga sering terjadi pada sepasang suami istri. Seringkali wajah dan sinar mata keduanya menjadi mirip. Ini diartikan bahwa di antara mereka telah ada keselarasan rasa dan hati, sehingga kondisi tersebut tergambar di dalam sinar mata dan wajah mereka yang menjadi mirip, berbeda dibandingkan kondisi mereka sebelumnya ketika masih hidup sendiri-sendiri. Ini juga menjadi petunjuk bahwa jika sepasang suami istri tidak ada kemiripan pada sinar mata dan wajah mereka, bisa diartikan bahwa di antara keduanya belum ada keselarasan rasa dan hati. 

Hakekatnya roh itu hidup, tidak sama dengan sebentuk energi seperti tenaga dalam yang tidak memiliki roh dan kehidupan. Bentuk dan wujud roh itu dominan ditentukan oleh kondisi psikologis dan perwatakannya.

Secara wujudnya, sukma manusia yang spiritualitasnya tinggi biasanya sosok wujudnya bagus seperti manusia aslinya dan bersih auranya. Yang spiritualitasnya biasa-biasa saja, sosok wujudnya juga biasa-biasa saja dan auranya banyak yang kotor sesuai psikologis dan perwatakan aslinya.

Dalam tulisan Bangsa Siluman  Penulis menuliskan fenomena wujud roh manusia / arwah dari seseorang yang sudah meninggal yang berubah menjadi tidak sama lagi seperti wujud manusia aslinya. Ada yang berubah menjadi siluman kera, siluman kerbau, buaya putih, dsb. Itu terjadi selain mungkin karena adanya kutukan atas perilaku dan perbuatan seseorang semasa hidupnya, juga karena sifat perwatakan manusia itu sendiri semasa hidupnya, sehingga setelah meninggal rohnya berubah wujud menjadi sejenis siluman, yang tidak sama lagi dengan wujud asli manusianya dan tidak sama lagi dengan jenis-jenis sukma manusia yang umum

2 comments:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus