Pekerjaan Beton Bertulang

Pekerjaan Beton Bertulang terdiri dari beberapa jenis yang mempunyai fungsi dan kekuatan yang berbeda-beda.

Setiap jenis pekerjaan Beton bertulang mempunyai cara pengerjaannya yang berbeda-beda pula.

Jenis Pekerjaan Beton Bertulang adalah :

1. Sloof beton
Sloof beton adalah beton bertulang yang diletakkan secara horizontal di atas pondasi. Tugas dari sloof beton bertulang ialah untuk meratakan beban yang diterima kolom beton menuju pondasi. Supaya setiap beban yang diterima oleh suatu kolom, akan tersebar merata pada seluruh permukaan pondasi. Selain itu, sloof berfungsi sebagai pengikat antara dinding, pondasi dengan kolom.

2. Kolom beton
Kolom beton (tiang beton) adalah beton bertulang yang diletakkan diatas pondasi dengan posisi tegak/vertikal. Kolom berfungsi disamping sebagai pengikat pasangan dindng bata juga berfungsi sebagai penerus beban dari atas menuju sloof yang kemudian diterima oleh pondasi.

3. Ring balok beton
Ring balok beton adalah beton bertulang yang terletak di atas pasangan dinding, yang dikaitkan dengan kolom beton sehingga merupakan kesatuan struktur . Berfungsi sebagai tumpuan konstruksi atap dan pengikat pasangan bata bagian atas agar pasangan bata tidak runtuh.

4. Balok beton
Balok beton adalah beton bertulang merupakan bagian struktur yang digunakan sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas. Fungsinya adalah sebagai rangka penguat horizontal bangunan yang akan menerima beban-beban diatasnya.

5. Plat beton (dak beton)
Plat beton (dak beton) adalah beton bertulang, yang fungsinya sebagai lantai pada bangunan bertingkat.

6. Tangga Beton
Tangga Beton adalah sebagai sarana untuk naik kelantai diatasnya.

7. Rabat Beton Lantai
Rabat Beton Lantai adalah sebagai lapisan dasar/alas lantai penguat pasangan lantai. Dalam pelaksanaanya ada yang menggunakan rangkaian besi beton diameter 6 - 8 mm, ada juga yang tidak.

8. Pondasi beton Tapak
Pondasi beton Tapak adalah sebagai alas tumpuan kolom yang mempunyai jarak bentang diatas 4 m atau digunakan untuk menahan beban yang berat yang akan diletakkan dilantai atas.

Maksud dari uraian diatas adalah untuk mempermudah mengetahui jenis-jenis pekerjaan beton bertulang yang akan digunakan dalam pembangunan.

1 comments:

  1. boleh tau cara komposisinya gan??


    untuk alat test kekerasan beton saya ada

    BalasHapus