Peralatan yang harus Disiapkan

Setelah seluruh dokumen gambar rencana rumah dan gambar lapangan diselesaikan serta perhitungan biaya juga sudah selesai disusun, maka tahap berikutnya melakukan persiapan untuk memulai pelaksanaan pembangunan rumah.

Untuk memudahkan didalam pengawasan selama proses pembangunan, ada baiknya mempersiapkan peralatan-peralatan bantu yang nantinya akan diperlukan untuk mendapatkan presisi / ketepatan serta kwalitas pelaksanaan pekerjaan yang baik.

Peralatan ini sebaiknya tersedia dilapangan, karena peralatan ini kelihatannya seperti tidak dibutuhkan, padahal ditengah proses pembangunan peralatan ini akan terasa manfaatnya.

Peralatan yang diperlukan :

Meteran panjang 5 m dan 30 , gunanya untuk mengontrol ketepatan ukuran setiap ruangan yang telah dilaksanakan oleh para tukang.

Penggaris alluminium panjang 1 m yang dibagian tengahnya terdapat alat pengukur tegak lurus (vertikal dan horizontal), fungsinya untuk mengontrol pemasangan begisting ataupun setelah dilakukan pengecoran beton,pemasangan lantai keramik permukaannya sudah rata dengan baik. Penggaris Alluminium ini juga digunakan untuk mengontrol pemasangan kusen pintu dan jendela apakah sudah terpasang tegak lurus dengan tepat, kalau tidak nanti pada saat pemasangan pintu atau jendela akan menghadapi kendala.

Buku catatan ukuran kertas folio untuk mencatat setiap perubahan yang terjadi atau catatan-catatan penting lainnya.

Jam dinding sederhana untuk menandai jam kerja para tukang.

Buatlah sebuah segitiga siku-siku dari multipleks 9 mm dengan ukuran sisi sikunya masing-masing 1 m, fungsinya untuk mengontrol pemasangan pertemuan dua dinding (sudut) agar terpasang tegak lurus.

Selang air sepanjang 20 m untuk mengukur tinggi permukaan dua titik agar rata (water pas), alat ini salah satunya digunakan pada saat penyetelan pemasangan ketinggian kusen, agar ketinggian permukaan atas seluruh kusen sama.

Peralatan ini hanya bisa digunakan oleh kita, karena si Pelaksana pembangunan (baik Mandor ataupun Kontraktor) wajib memiliki peralatan seperti tersebut diatas.

Kegunaan peralatan ini bagi kita adalah untuk mengawasi kwalitas pekerjaan, seandainya menurut kita ada pekerjaan yang kurang presisi, kita bisa langsung melakukan pengecekan dilapangan

0 comments:

Posting Komentar